Ria, Divia Fenti Okta (2023) Hubungan Efikasi Diri Dengan Stress Akademik pada Siswa Kelas 12 SMA Negeri 1 Kramat. Skripsi thesis, Universitas Bhamada Slawi.
![]() |
Text
DIVIA FENTI OKTA RIA_SKRIPSI.pdf - Other Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Siswa remaja tidak hanya berjuang untuk menyesuaikan diri dengan banyak perubahan dalam dirinya, namun juga berjuang untuk menyelesaikan tugas yang harus mereka lakukan, oleh karena itu, remaja sebagai individu perlu mengembangkan efikasi diri supaya mampu mengetahui kemampuannya dalam melaksanakan tugas dan tindakan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan stres akademik pada siswa kelas 12 di SMA Negeri 1 Kramat. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional dengan pendekatan Cross Secional pada 350 siswa menggunakan teknik total sampling dengan tingkat partisipasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner skala efikasi dan tingkat stres akademik, data dianalisis secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian dengan uji Chi square menunjukkan nilai P value 0,001 (P<0,05) artinya ada hubungan antara efikasi diri dengan stres akademik pada siswa kelas 12 di SMA Negeri 1 Kramat. Saran dalam penlitian ini adalah Siswa kelas 12 di SMA Negeri 1 Kramat memiliki efikasi diri tinggi dengan stres akademik sedang untuk itu diharapkan siswa dapat mempertahankan efikasi diri yang dimiliki dan diharapkan siswa dapat menurunkan stres akademik disekolah supaya tidak mengalami stres akademik yang lebih berat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | NIM : C1019065 |
Uncontrolled Keywords: | Efikasi diri, Stres akademik |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan Editor Bhamada |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 03:10 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 03:10 |
URI: | http://repository.bhamada.ac.id/id/eprint/90 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |