Khikmah, Siti Nur (2021) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pemberian Informasi Obat Di Apotek Duta Sehat Desa Bandasari. Skripsi thesis, Universitas Bhamada Slawi.
![]() |
Text
SKRIPSI_2021_Siti Nur Khikmah.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan kesehatan merupakan upaya yang diselenggarakan secara sendiri atau bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan perorangan, keluarga, kelompok atau masyarakat. Salah satu bentuk pelayanan kesehatan yaitu pelayanan farmasi. Pelayanan kefarmasian merupakan profesionalisme dan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab profesi kesehatan dalam bidang kefarmasian khususnya apoteker dalam melakukan kegiatan kefarmasian untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Apotek merupakan suatu sarana untuk melakukan pekerjaan kefarmasian dan sarana untuk penyaluran perbekalan farmasi kepada masyarakat. Pelayanan Informasi obat merupakan kegiatan yang dilakukan oleh apoteker dalam pemberian informasi mengenai obat yang tidak memihak, dievaluasi dengan kritis dan dengan bukti terbaik dalam segala aspek penggunaan obat kepada profesi kesehatan lain, pasien atau masyarakat. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan obat di apotek Duta Sehat Desa Bandasari. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada pasien yang membeli obat di apotek. Penyebaran kuesioner dilakukan sebanyak 95 kuesioner yang diberikan kepada responden yang berkunjung di Apotek Duta Sehat yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data ini dilakukan pada bulan April-Mei 2021. Hasil penelitian yang dilakukan kepuasan pasien tertinggi yaitu dimensi Empaty sebesar 60% yang berarti pasien merasa cukup puas terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan berdasarkan indikator pengukuran tingkat kepuasan pasien.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | NIM : E0016080 |
Uncontrolled Keywords: | pelayanan kesehatan, pelayanan kefarmasian, apotek, kepuasan pasien |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi |
Depositing User: | Pustakawan Editor Bhamada |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 02:37 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 02:37 |
URI: | http://repository.bhamada.ac.id/id/eprint/738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |