Hakim, Elza Kharisma (2024) Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Poli Umum Puskesmas Wanasari Kab.Brebes. Skripsi thesis, Universitas Bhamada Slawi.
Text
SKRIPSI_ELZA KHARISMA HAKIM_C1020066 - Faozia Permatasari (1).pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Saat ini, banyak orang yang mengeluhkan tentang pelayanan kesehatan yang terjadi di pukesmas. Karena beberapa alasan yang berpengaruh pada tingkat kepuasan pasien. kualitas pelayanan yang bersifat kurang ramah dan kurangnya komunikasi antara petugas medis dengan pasien juga dapat menjadi penyebab keluhan dan menyebabkan ketidakpuasan terhadap layanan kesehatan di Puskesmas. Data kepuasan pasien di salah satu puskesmas di Indonesia didapatkan 70% pasien kurang puas terhadap pelayanan keperawatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien di poli umum puskesmas wanasari kabupaten brebes. Jenis penelitian kuantitatif, dengan rmenggunakan teknik cross-sectional. Alat penelitian menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien di Poli umum Pukesmas Wanasari Kab. Brebes dengan jumlah 96 responden yang doiambil dengan teknik accidental sampling. Uji statistik Kendall’s Tau-b menunjukkan hasil terdapat hubungan yang signifikan dari kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien di poli umum puskesmas wanasari Kab.Brebes dengan nilai p-value 0,000<0,05. Selain itu bagi poli umum puskesmas wanasari Kab.brebes untuk dapat meningkatkan keramahan dengan pasien, memperbaiki kecepatan waktu, dan meningkatkan rasa peduli pada pasien
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas, Pelayanan kesehatan, Kepuasan |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan Editor Bhamada |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 03:50 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 03:50 |
URI: | http://repository.bhamada.ac.id/id/eprint/465 |
Actions (login required)
View Item |