Hubungan Iklim Sekolah dengan Kejadian Bulling pada Remaja Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Kedungbanteng

Nazhifah, Naurah (2021) Hubungan Iklim Sekolah dengan Kejadian Bulling pada Remaja Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Kedungbanteng. Skripsi thesis, Universitas Bhamada Slawi.

[img] Text
SKRIPSI NAURAH NAZHIFAH.pdf - Other
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Situasi sekolah biasa dikenal dengan iklim sekolah merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi performa peserta didik di sekolah salah satunya yaitu bullying. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara iklim sekolah dengan kejadian bullying pada Remaja Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Kedungbanteng. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelasi. Populasi 429 siswa, dengan teknik pengambilan sampel purposive random sampling diperoleh sampel 92 siswa. Instrument menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji korelasi Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara iklim sekolah dengan kejadian bullying pada remaja Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Kedungbanteng. Berdasarkan hasil penelitan ini diharapkan bagi petugas kesehatan yang berperan penting dalam memberikan informasi dan pelayanan kesehatan pada remaja di sekolah (UKS), dapat memberikan edukasi akan pentingnya iklim sekolah yang kondusif untuk mencegah terjadinya perilaku yang menyimpang seperti bullying seperti menciptakan lingkungan sosial yang aman secara fisik maupun psikologis, proses pembelajaran kondusif, dukungan sosial, serta lingkungan fisik institusi yang layak dan sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: NIM : C1017032
Uncontrolled Keywords: Iklim Sekolah, Kejadian Bullying, Remaja.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Editor Bhamada
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:35
Last Modified: 27 Jun 2024 03:35
URI: http://repository.bhamada.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item View Item