Oktaviani, Dwi Nur (2021) Hubungan Dukungan Keluarga dengan Motivasi Belajar pada Aank Saat Pembelajaran Daring di SD Negeri 01 Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Bhamada Slawi.
Text
SKRIPSI DWI NUR OKTAVIANI.pdf - Other Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dukungan keluarga yang diberikan oleh keluarga akan membuat meningkatkan motivasi anak. Motivasi belajar sangat penting dimiliki oleh seseorang terutama bagi siswa yang sedang menempuh pendidikan di sekolah. Motivasi dipengaruhi oleh insentif eksternal seperti imbalan dan hukuman. Selain itu, kondisi lingkungan belajar, kondisi lingkungan belajar yang kondusif akan mendukung dan memperkuat semangat belajar peserta didik. Masalah motivasi belajar perlu mendapat perhatian lebih karena rendahnya motivasi belajar akan memberikan dampak buruk, seperti, menurunnya prestasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa pada anak di SDN Negeri 01 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan waktu cross sectional. Hasil penelitian ditemukan bahwa Dukungan keluarga dukungan keluarga pada siswa di SD Negeri 01 Karanganyar yang paling dominan adalah baik sebanyak 29 responden (51,8%). Motivasi belajar pada siswa di SD Negeri 01 Karanganyar sebagian besar memiliki motivasi dengan kategori sedang sebanyak 26 responden (46,4%). Hasil analisis didapatkan bahwa nilai p value 0,017 (p< 0,05) yang artinya terdapat hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar pada siswa di SD Negeri 01 Karanganyar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | NIM : C1017009 |
Uncontrolled Keywords: | dukungan keluarga, motivasi belajar dan siswa |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan Editor Bhamada |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 04:10 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 04:10 |
URI: | http://repository.bhamada.ac.id/id/eprint/349 |
Actions (login required)
View Item |