Pengaruh Terapi Musik POP terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir dalam Menyusun Skripsi di Prodi Ilmu Keperawatan dan Ners

Fahronisah, Inggi (2022) Pengaruh Terapi Musik POP terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir dalam Menyusun Skripsi di Prodi Ilmu Keperawatan dan Ners. Skripsi thesis, Universitas Bhamada Slawi.

[img] Text
A_Inggi Fahronisah_C1018021_Skripsi.pdf - Other
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa yang sedang menyusun skripsi mengalami tingkat kecemasan. Hal ini dapat menimbulkan kecemasan pada mahasiswa. Banyak terapi untuk mengatasi kecemasan tersebut, salah satunya terapi musik pop. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi musik pop terhadap tingkat kecemasan mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi. Jenis penelitian Pre-Experimental dengan One-Group Pretest Posttest Design, dengan alat penelitian kuesioner STAI-S. Sampel mahasiswa semester 8 Prodi Ilmu Keperawatan yang sedang menyusun skripsi jumlah 49. Penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon test, dengan tingkat kecemasan mahasiswa sebelum diberikan terapi musik pop skor responden rata rata sebelum diberikan terapi musik pop sebanyak 3.15, sedangkan sesudah diberikan terapi musik pop menurun menjadi 2.00. Penurunan sebesar 1,15 berdasarkan statistika menggunakan uji wilcoxon diperoleh p-value 0,000 <0.05, hal ini dapat diartikan ada pengaruh pemberian terapi musik pop terhadap tingkat kecemasan mahasiswa dalam menyusun skripsi di Prodi Ilmu Keperawatan dan Ners. Terapi musik pop disarankan sebagai salah satu terapi dalam menurunkan tingkat kecemasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: NIM : C1018021
Uncontrolled Keywords: Kecemasan menyusun skripsi, Terapi musik pop
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Editor Bhamada
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:05
Last Modified: 05 Feb 2024 02:05
URI: http://repository.bhamada.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item View Item