Anjani, Fatma Ira (2023) Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Marwah Rumah Sakit PKU Muhammadiah Tegal. Skripsi thesis, Universitas Bhamada Slawi.
![]() |
Text
FATMA IRA ANJANI_C1019071_SKRIPSI.docx - Other Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Mutu pelayanan keperawatan merupakan dasar yang penting untuk menentukan kepuasan pasien dimana kualitas pelayanan yang diberikan dapat mempengaruhi kepuasan dalam memenuhi kebutuhan pasien. Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang marwah Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non eksperimen dengan rancangan deskriptif korelasi pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan sebanyak 55 responden diambil dengan teknik accidental sampling. Alat penelitian menggunakan lembar kuesioner. Hasil penelitian diperoleh mutu pelayanan keperawatan 61,8% dan kepuasan pasien 70,9%. Analisa uji chi-square memperoleh nilai x2 12,959, asymp 0,000 (<0,05) yang artinya ada hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang marwah Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Tegal. Diharapkan mutu pelayanan keperawatan ditingkatkan agar pasien puas dengan pelayanan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | NIM : C1019071 |
Uncontrolled Keywords: | Mutu Pelayanan Keperawatan, Kepuasan pasien |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan Editor Bhamada |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 04:09 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 04:09 |
URI: | http://repository.bhamada.ac.id/id/eprint/95 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |