Fadiyah, Fatin Nur (2023) Pengaruh Senam Irama terhadap Perkembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini di TK Tunas Mekar Jatilaba Margasari. Skripsi thesis, Universitas Bhamada Slawi.
Text
FATIN NUR.pdf - Other Restricted to Repository staff only Download (947kB) | Request a copy |
Abstract
Anak usia dini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada masa tersebut anak akan mengalami perkembangan secara optimal melalui stimulasi dan makanan yang bergizi. Perkembangan motorik pada anak cenderung memiliki pola sama dan dapat dilihat normal atau memiliki hambatan. Keterlambatan perkembangan motorik kasar Di Indonesia 11.7% anak memiliki keterlambatan dalam perkembangan dan sekitar 2,8% anak. Keterlambatan motorik kasar pada anak akan terjadi jika tidak ada kegiatan yang memfasilitasi. Keterlambatan dapat dilihat sendiri pada anak mulai dari gerakan tubuh yang tidak terkoordinasi, tubuh yang cenderung kaku jika digerakan, anak yang malas dalam melakukan gerak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh senam irama terhadap perkembangan motorik kasar di TK Tunas Mekar Jatilaba Margasari. Metode penelitian ini menggunakan jenis total sampling. populasi penelitian ini adalah anak yang berusia 5 tahun dan 6 tahun di TK Tunas Mekar Jatilaba Margasari. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi STTPA. Data dianalisa secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian dengan uji wilcoxon menunjukan pvalue 0,000 (p<0,05) artinya ada pengaruh antara senam irama dengan perkembangan motorik kasar pada TK Tunas Mekar Jatilaba Margasari.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | NIM : C1019019 |
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Motorik Kasar, Senam Iram, Anak Usia Dini |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan Editor Bhamada |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 04:07 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 04:07 |
URI: | http://repository.bhamada.ac.id/id/eprint/45 |
Actions (login required)
View Item |