Hubungan Antara Persepsi Pembelajaran Daring dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Stikes Bhamada Slawi

Ali, Sukma (2021) Hubungan Antara Persepsi Pembelajaran Daring dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Stikes Bhamada Slawi. Skripsi thesis, Universitas Bhamada Slawi.

[img] Text
SKRIPSI_SUKMA ALI_C1017096.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia sebagai negara yang mengalami dampak bencana global pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) telah mengambil kebijakan khusus terkait pelaksanaan proses belajar mengajar di seluruh jenjang pendidikan. Proses pembelajaran daring disaat pandemi seperti ini, memunculkan beberapa masalah yaitu pembelajaran menggunakan zoom banyak menghabiskan banyak kuota, mahasiswa juga tidak mendengarkan suara dari dosen dengan jelas karena signal yang buruk menyebabkan suara dosen kadang terputus-putus, masalah-masalah tersebut bisa mempengaruhi motivasi mahasiswa dalam pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Hubungan Antara Persepsi Pembelajaran Daring Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa STIKes BHAMADA Slawi”. Jenis penelitian dengan desain deskriptif korelasi dan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa STIKes BHAMADA Slawi dengan teknik pengambilan sampel propotional random sampling sebanyak 306 responden. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil uji korelasi menggunakan Uji Kendall Tau yang menunjukkan p value 0,000, dengan nilai signifikansi (0,01) maka p<α artinya Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi pembelajaran daring dengan motivasi belajar pada mahasiswa STIkes BHAMADA Slawi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah semakin baik persepsi pembelajaran daring maka akan semakin tinggi motivasi belajar pada mahasiswa STIKes BHAMADA Slawi. Peneliti menyarankan mahasiswa sebaiknya dapat menjadi bahan evaluasi untuk mahasiswa selama pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: NIM : C1017096
Uncontrolled Keywords: persepsi, pembelajaran daring, motivasi belajar, mahasiswa STIkes BHAMADA Slawi.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Editor Bhamada
Date Deposited: 28 Jun 2024 02:30
Last Modified: 28 Jun 2024 02:30
URI: http://repository.bhamada.ac.id/id/eprint/414

Actions (login required)

View Item View Item