Hubungan Dukungan Keluarga dengan Motivasi Belajar Daring pada Mahasiswa Stikes Bhamada Slawi Selama Pandemi COVID-19

Sekarsari, Putri (2021) Hubungan Dukungan Keluarga dengan Motivasi Belajar Daring pada Mahasiswa Stikes Bhamada Slawi Selama Pandemi COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Bhamada Slawi.

[img] Text
SKRIPSI_PUTRI SEKARSARI C1017089.pdf - Other
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan segala aktivitas harus dilakukan dari rumah, termasuk pada bidang pendidikan yaitu pembelajaran daring. Banyak mahasiswa yang tidak terbiasa belajar secara daring sehingga berdampak pada motivasi belajar daring selama pembelajaran. Oleh karena itu dukungan keluarga sangat dibutuhkan bagi mahasiswa selama proses pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar daring pada mahasiswa STIKes Bhamada Slawi selama pandemi COVID-19. Jenis penelitian kuantitatif degan desain deskriptif korelasi dan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIKes Bhamada Slawi dengan menggunakan tehnik pengambilan sampel simple random sampling sebanyak 306 responden. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Kesimpulan penelitian ini adalah dukungan keluarga mayoritas kategori baik yakni 144 (47,1%), sedangkan motivasi belajar daring mayoritas kategori sedang yakni 180 (58,8%) dan ada hubungan antara dukungan keluarga dengan motivasi belajar daring pada mahasiswa STIKes Bhamada Slawi dengan uji Kendall tau adalah nilai p value 0,000<0,05. Peneliti menyarankan keluarga sebaiknya mengoptimalkan perhatian dan mengawasi setiap proses perkembangan anak dalam belajar terutama dengan metode daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: nim : C101708
Uncontrolled Keywords: Dukungan keluarga, Motivasi belajar daring, COVID 19
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Editor Bhamada
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:32
Last Modified: 27 Jun 2024 06:32
URI: http://repository.bhamada.ac.id/id/eprint/403

Actions (login required)

View Item View Item