Agustina, Laras (2021) Hubungan Pola Asuh Demokratis dengan Perkembangan Psikososial Anak Sekolah Dasar Kelas 2 dan 3 di SD Negeri Pendawa 02 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Skripsi thesis, Universitas Bhamada Slawi.
![]() |
Text
SKRIPSI LARAS AGUSTINA.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pola asuh orang tua yang baik akan berdampak baik juga terhadap perkembangan psikososial anak sekolah dasar, hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor salah satunya pola asuh demokratis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh demokratis dengan perkembangan psikososial anak sekolah dasar kelas 2 dan 3 di SD Negeri Pendawa 02 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan desain studi korelasional dengan pendekatan cross sectional pada 58 responden. Instrument penelitian yang digunakan yaitu kuesioner pola asuh demokratis dan kuesioner perkembangan psikososial. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh demokratis kategori tinggi 29 (50%) responden. Perkembangan psikososial anak sebagian besar kategori baik 29 (50%) responden. Hasil uji korelasi Kendal-tau b menunjukkan p-value 0,000 yang artinya terdapat hubungan antara pola asuh demokratis dengan perkembangan psikososial anak sekolah dasar di SD Negeri Pendawa 02 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Tingkat kepercayaan / Confidence Interval (CI) sebesar 95%. Berdasarkan penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan landasan dalam pertimbangan pemilihan pola asuh yang baik untuk perkembangan psikososial anak
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | NIM : C1017027 |
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Demokratis, Perkembangan Psikososial |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan Editor Bhamada |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 01:48 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 01:48 |
URI: | http://repository.bhamada.ac.id/id/eprint/384 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |