Hubungan Intensitas Penggunaan Smarthphone dengan Prestasi Belajar Siswa MTs N 3 Tegal

Riyadi, Dwi Guna Agung (2023) Hubungan Intensitas Penggunaan Smarthphone dengan Prestasi Belajar Siswa MTs N 3 Tegal. Skripsi thesis, Universitas Bhamada Slawi.

[img] Text
DWI GUNA AGUNG RIYADI (C1019014).pdf - Other
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi semakin maju dan semakin canggih, hal ini ditandai dengan adanya smartphone. penggunaan dapat mempengaruhi dalam prestasi belajar siswa, sehingga pada usia 6-18 tahun diberikan batasan dalam waktu 2 jam/hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan intensitas penggunaan smartphone dengan prestasi belajar siswa di MTs N 3 Tegal. Penelitian ini menggunakan desain deskripsi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 114 siswa yang diambil dengan teknik Simple random. Berdasarkan hasil analisis korelasi Kendall’s Tau didapatkan p value = 0,00 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan antara intensitas penggunaan smartphone dengan prestasi belajar siswa MTs N 3 Tegal. Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas siswa menggunakan smartphone terdapat dalam kategori tinggi dan mayoritas dalam prestasi belajar terdapat dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang positif dan bersignifikan antara penggunaan smartphone terhadap peningkatan prestasi belajar siswa, secara optimal akan memberikan manfaat yang positif yaitu untuk menambah wawasan pengetahuan, melakukan referensi mata pelajaran di sekolah dan sumber lainnya yang ada di internet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: NIM : C1019014
Uncontrolled Keywords: Intensitas Penggunaan Smartphone, Prestasi Belajar, Siswa.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Editor Bhamada
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:05
Last Modified: 29 Jan 2024 03:05
URI: http://repository.bhamada.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item View Item