Setiyaningsih, Afsanti (2021) Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Siswa Smp N 03 Kesesi Selama Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Bhamada Slawi.
Text
SKRIPSI AFSANTI SETIYANINGSIH C1017001.pdf - Other Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Stress akademik adalah stress yang dialami siswa yang bersumber dari proses pembelajaran atau hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan belajar seperti: tekanan untuk naik kelas, lama belajar, mencontek, banyak tugas, mendapat nilai ulangan , serta kecemasan ujian dan manajemen stress. Siswa merasa stress karena adanya system pembelajaran daring sehingga perlu adanya dukungan dari keluarga. Semakin baik dukungan keluarga dapat mengurangi atau mencegah terjadinya stress akademik pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan dukungan keluarga dengan tingkat stress akademik pada siswa SMP N 03 Kesesi selama pandemi Covid-19. Desain penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Total Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu 85 responden. Hasil analisis data menggunakan uji korelasi Kendall’s Tau menunjukan nilai pValue 0,010<0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan ada hubungan antara dukungna keluarga dengan tingkat stress akademik pada siswa SMP N 03 Kesesi selama pandemi Covid-19. Segala dukungan dan motivasi dari keluarga dibutuhkan oleh siswa agar siswa merasa tenang dan nyaman sehingga dapat menurunkan tingkat stress akademik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | NIM : C1017001 |
Uncontrolled Keywords: | dukungan keluarga, tingkat stress akademik, pandemi Covid-19. |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan Editor Bhamada |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 01:31 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 01:31 |
URI: | http://repository.bhamada.ac.id/id/eprint/333 |
Actions (login required)
View Item |