Hubungan Peran Orang Tua dengan Tingkat Perkembangan Emosional pada Anak Usia Pre School di TK Pertiwi Bedug

Afifah, Neli Ana (2022) Hubungan Peran Orang Tua dengan Tingkat Perkembangan Emosional pada Anak Usia Pre School di TK Pertiwi Bedug. Skripsi thesis, Universitas Bhamada Slawi.

[img] Text
B_Neli Ana Afifah_C1018083_Skripsi.pdf - Other
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Anak pra sekolah merupakan tahap golden age periode yang diartikan sebagai masa keemasan bagi perkembangan anak, pada masa ini rentan untuk terjadinya masalah gangguan perkembangan salah satunya perkembangan emosional. Faktor yang mempengaruhi perkembangan emosional anak pra sekolah salah satunya adalah peran orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara peran orang tua dengan tingkat perkembangan emosional pada anak usia pra sekolah di TK Pertiwi Bedug. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan rancangan penelitian korelasional dengan model pendekatan cross sectional. Sampel penelitian 47 responden dengan menggunakan teknik total sampling. Alat penelitian yang digunakan adalah lembar kuesioner peran orang tua dan perkembangan emosional menggunakan Strength Difficulties Questionnaire atau SDQ. Berdasarkan hasil uji Chi Square didapatkan p value 0.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan ada hubungan antara peran orang tua dengan perkembangan emosional pada anak usia pre school. Orang tua disarankan agar menjadi pendamping, pengawas, pengarah, penjalin komunikasi, motivator, dan pemberi kesempatan bagi perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: NIM : C1018083
Uncontrolled Keywords: peran orang tua, perkembangan emosional, anak usia pra sekolah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Editor Bhamada
Date Deposited: 13 Feb 2024 06:52
Last Modified: 13 Feb 2024 06:52
URI: http://repository.bhamada.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item