Hubungan Self Efficacy dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII dalam Transisi Sistem Pembelajaran Tatap Muka pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 14 Tegal

Oktaviani, Liana (2022) Hubungan Self Efficacy dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII dalam Transisi Sistem Pembelajaran Tatap Muka pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 14 Tegal. Skripsi thesis, Universitas Bhamada Slawi.

[img] Text
B_Liana Oktaviani_C1018077_Skripsi.pdf - Other
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran online saat pandemi covid-19 mengakibatkan terjadinya kesenjangan pencapaian belajar pada siswa sehingga mengharuskan elemen pendidikan untuk mempertahankan aspek perkembangan siswa. Diberlakukannya kembali sistem pembelajaran tatap muka, siswa harus beradaptasi kembali dalam proses belajarnya salah satunya dengan cara meningkatkan self efficacy dan motivasi belajar. Self efficacy merupakan keyakinan individu terhadap kemampuannya dalam proses belajar untuk mencapai tujuan sedangkan motivasi belajar merupakan dorongan dari dalam diri untuk melakukan kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk Negeri 14 Tegal. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional dan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Tegal dengan teknik Simple random sampling didapatkan sampel penelitian sejumlah 150 responden. Hasil penelitian ini berdasarkan uji kendall’s tau-b didapatkan p value 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan ada hubungan antara self efficacy dengan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 14 Tegal. Hasil penelitian menunjukkan sebagian siswa memiliki self efficacy sedang dan sebagian besar siswa memiliki motivasi belajar sedang. Hasil penelitian ini diharapkan siswa dapat belajar lebih giat dan rajin sehingga menimbulkan keyakinan pada dirinya agar dapat menyelesaikan tugas-tugas yang telah diberikan oleh guru dan dapat meningkatkan motivasi belajar dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: NIM : C1018077
Uncontrolled Keywords: self efficacy, motivasi belajar
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Editor Bhamada
Date Deposited: 13 Feb 2024 03:10
Last Modified: 13 Feb 2024 03:10
URI: http://repository.bhamada.ac.id/id/eprint/230

Actions (login required)

View Item View Item