Pengaruh Pemberian Penyuluhan Dengan MediaBooklet Terhadap Pengetahuan Etika Batuk Dan Bersin Pedagang Di Pasar Limbangan Wetan Brebes

Oktaviani, Finarika Dwi (2022) Pengaruh Pemberian Penyuluhan Dengan MediaBooklet Terhadap Pengetahuan Etika Batuk Dan Bersin Pedagang Di Pasar Limbangan Wetan Brebes. Skripsi thesis, Universitas Bhamada Slawi.

[img] Text
B_Finarika Dwi Oktaviani_C1018067_Skripsi.pdf - Other
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pasar merupakan tempat yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Pedagang yang memiliki riwayat seperti TB Paru akan mudah sekali menularkan penyakit melalui batuk dan bersin yang tidak tepat. Dari survey awal didapatkan bahwa kurangnya pengetahuan etika batuk dan bersin dan masih menerapkan kebiasaan batuk dan bersin yang salah. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh pemberian penyuluhan dengan mediabooklet terhadap pengetahuan etika batuk dan bersin pedagang di Pasar Limbangan Wetan Brebes. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design denganone group pre-post test design dan analisis statistik Uji Wilcoxon dengan p-value <0,05. Polpulasi adalah pedagang pasar di Pasar Limbangan Wetan Brebes sebanyak 105 dan sampel 30 pedagang. Hasil penelitian menunjukkan hampir seluruhnya pedagang memiliki peningkatan pengetahuan etika batuk dan bersin setelah diberikan penyuluhan dengan menggunakan media booklet dengan nilai p-value<0.001 dimana p<0,05. Sebaiknya pedagang pasar dapat menggunakan media booklet sebagai kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan etika batuk dan bersin di kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: NIM : C1018067
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Etika batuk dan bersin, booklet
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Editor Bhamada
Date Deposited: 13 Feb 2024 02:19
Last Modified: 13 Feb 2024 02:19
URI: http://repository.bhamada.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item