Pengaruh Video Animasi Edukasi Terhadap Pengetahuan Cci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Anak Usia Sekolah Dasar

Rusdiono, Abdi (2023) Pengaruh Video Animasi Edukasi Terhadap Pengetahuan Cci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Anak Usia Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Bhamada Slawi.

[img] Text
ABDI_RUSDIONO_SKRIPSI..pdf - Other
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tidak mencuci tangan dapat menyebabkan banyak penyakit masuk ke tubuh. Penyakit yang dapat masuk antara lain, demam tifoid, infeksi jamur, polio, usus merah, diare, kolera, parasit usus, ISPA, hepatitis A. Cuci tangan masih belum menjadi kebiasaan, hanya 12% masyarakat yang sadar mencuci tangan pakai sabun. Karena kurangnya pengetahuan, pendidikan dan kesadaran tentang cuci tangan pakai sabun. Untuk meningkatkan pengetahuan salah satunnya dengan menggunakan video animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh video animasi edukasi terhadap pengetahuan cuci tangan pakai sabun (CTPS) pada anak sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pre-test post-test design without control. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa yang diambil dengan Teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan kuesioner dan video animasi. Hasil uji Wilcoxon test diperoleh hasil nilai Asymp Sig. (2 tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Berarti terdapat pengaruh video animasi edukasi terhadap pengetahuan cuci tangan pakai sabun pada anak usia sekolah dasar. Video animasi merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan pada anak usia sekolah dasar tentang cuci tangan pakai sabun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: NIM : C1019001
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Cuci Tangan Pakai Sabun, Anak Sekolah Dasar
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Editor Bhamada
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:09
Last Modified: 29 Jan 2024 02:16
URI: http://repository.bhamada.ac.id/id/eprint/20

Actions (login required)

View Item View Item